Beda Desain Grafis dan Seni Visual


Mungkin secara dasar, sesuatu yang berkaitan dengan keindahan visual akan dikatakan dengan desain grafis. Meskipun sebenarnya desain dan seni itu merupakan dua hal yang berbeda pengertian. Artikel ini dibuat karena berangkat dari pemahaman keliru oleh sebagian orang mengenai perbedaan pengertian desain grafis dan seni visual sumber yang digunakan yaitu : Desainstudio

Desain Grafis merupakan seni terapan yaitu bentuk seni yang penerapannya berlaku secara umum berbentuk komunikasi visual. Desain grafis merupakan suatu teknik merancang tampilan grafis sehingga dapat dikomunikasi dengan baik menuju target konsumen. Dalam hal ini juga egoisme seorang desainer harus dikesampingkan terelebih dahulu dan lebih mengedepankan fungsi dari desain grafisnya itu sendiri.

Hal tersebutlah yang membuat desain grafis berbeda dengan seni visual (visual art). Sebuah karya seni lebih memiliki sifat ekspresif dan tidak punya tujuan secara umum. Seni bersifat individual dan berorientasi kepada ekspresi dan kepuasan dari seniman/pembuatnya.

Sedangkan desain grafis berorientasi kepada  fungsinya. Desain grafis yang baik dilihat dari seberapa besar impact dari karya yang dihasilkannya.

Referensi

Sebagai contoh, kita dapat membandingkan sebuah lukisan dengan sebuah poster. Lukisan tidak merayu siapapun untuk melakukan apapun. Lukisan hanya menggambarkan sesuatu yang bisa dinilai bebas dari berbagai sudut pandang. Namun berbeda dengan poster.

Poster ditujukan untuk menyampaikan suatu pesan kepada massa. mengenai tingkat keberhasilannya pun dilihat dari seberapa baik massa terpengaruh oleh poster tersebut.

Garis besarnya, desain grafis dan seni murni merupakan suatu hal yang berbeda. Desain grafis adalah seni yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang banyak melalui bentuk tampilan visual.

Sedang seni murni adalah ekspresi jiwa yang bersifat individual, subjektif, yang lebih ditujukan kepada kepuasan terhadap karya, bukan terhadap fungsi.

Menurutmu Bagaimana?

Semoga Artikel ini bermanfaat,
Jika Ingin berbagi atau menambahkan  langsung melalui kolom komentar ya  !

Comments